Aplikasi Smartphone Bagi Anda Yang Malas Membaca Berita

Hai Sahabat Z7 :) Berita merupakan sumber informasi utama bagi semua orang. Berita biasa dinikmati dengan cara membaca koran cetak maupun online, menonton televisi, dan mendengarkan radio. Namun kegiatan tersebut akan menyita banyak perhatian khususnya bagi Anda yang sangat sibuk. Dengan kemajuan teknologi, dua aplikasi ini mencoba mengubah gaya menikmati berita dengan membacakan berita-berita terbaru ke penggunanya. Penasaran? Berikut penjelasan tentang dua aplikasi tersebut.

Koran Indonesia


Aplikasi pembaca berita pertama adalah Koran Indonesia garapan tim Prophetek. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana, hanya berupa daftar teks headline yang akan lebih baik jika ditambah gambar feature dan tombol suara di kanan atas.
Untuk menggunakan aplikasi ini cukup menyentuh tombol suara tersebut dan ia akan secara otomatis membacakan headline berita-berita terbaru. Aplikasi ini memiliki fitur voice recognition, jadi di akhir headline berita, kita akan diberikan pilihan untuk mendengarkan isi berita tersebut dan cukup berkata “Yes” untuk melanjutkan membaca isinya atau berkata “No” untuk melanjutkan ke headline selanjutnya. Fitur yang cukup menarik, namun sayangnya kurang responsif, perlu berkata berulang-ulang sebelum suara kita terdeteksi.
Aplikasi ini berhasil membacakan berita dengan lancar, sayangnya suara pembaca berita di aplikasi ini sangat aneh dan kaku seperti robot, sehingga tidak menarik untuk didengarkan. Bahkan, saya merasa keponakan saya bisa membaca lebih bagus dari aplikasi ini. Untungnya, pengguna bisa mengatur kecepatan pembacaan (Rate), tinggi rendah suara bacaan (Tone), dan ukuran tampilan halaman (Page) pada opsi ‘settings’.
Sumber berita aplikasi ini berasal dari website Koran Indonesia. Ada banyak kategori berita yang bisa dipilih seperti berita politik, bisnis, internasional, olahraga, dan kategori lainnya.
Aplikasi ini tersedia secara gratis pada perangkat Android dan iOS.
BdB Audio News

BdB Audio News merupakan aplikasi pembaca berita buatan AMPlified yang dikembangkan oleh Arif Fajar Saputra sebagai CEO dan Riza Fahmi sebagai CTO. Tampilan aplikasi ini cukup menarik dengan slideshow feature image headline berita-berita terbaru di bagian atas dan daftar berita terbaru (Recent) dan populer (Popular) di bagian bawah.
Sebelum bisa menikmati aplikasi ini, kita diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, pengguna dipersilakan untuk masuk dengan akun yang sudah dibuat dan mulai menggunakan aplikasi ini. BdB Audio News mengambil berita dari berbagai sumber, namun berita-berita di aplikasi ini tidak terlalu update. Pengguna juga bisa memilih berita berdasarkan kategori dan sumber berita melalui opsi yang ditawarkan. Terdapat 22 kategori berita yang bisa dipilih mulai dari berita bisnis, ekonomi, seni, entrepreneur, dan lainnya. Pengguna juga bisa memilih menu ‘channel’ untuk melihat sumber-sumber berita yang ada, sumber yang tersedia sejauh ini adalah: AntaraNews.com, BBC Indonesia, BBC.com, BdB, Bisnis Indonesia, Bisnis, DailySocial.net, Dream.co.id, dan Dreamer Radio.
Pembacaan berita akan diawali dengan nada pembuka terlebih dahulu, mirip berita di radio dan televisi. Berbeda dengan Koran Indonesia yang menggunakan suara yang kaku, pembaca berita di BdB Audio News terkesan seperti suara manusia pada umumnya sehingga sangat enak untuk didengar. Ada dua suara pembaca berita pada aplikasi ini, yakni suara pria atau wanita yang membacakan berita secara acak.
Aplikasi ini tersedia secara gratis pada perangkat Android dan iOS.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment